Instansi : KEJAKSAAN AGUNG REPUBLIK INDONESIA
Satuan/Unit Kerja : KEJARI PASAMAN
Usulan : WBK/WBBM
Aplikasi : LKE Online - Kolaborasi (Versi 2.0) Update Agustus 2021
     
     
       
Area/ Indikator/ Pernyataan
Metadata
Nilai
Bukti Dukung
A. KOMPONEN PENGUNGKIT A    
A. 1. MANAJEMEN PERUBAHAN A.1    
    1. Tim Kerja A.1.1    
      a. Apakah unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas? A.1.1.A
YA
- Telah dibentuk Tim dengan dikeluarkannya Surat Keputusan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman
      b. Apakah penentuan anggota Tim dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas? A.1.1.B
A
- Penentuan anggota tim telah melalui prosedur/mekanisme yang jelas
    2. Rencana Pembangunan Zona Integritas A.1.2    
      a. Apakah terdapat dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM? A.1.2.A
YA
- Telah dibuat dokumen pembangunan ZI, yang berisi perencanaan pembangunan dan perkembangannya
      b. Apakah dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM? A.1.2.B
A
- Dokumen Perencanaan yang dibuat telah membentuk unit yang
      c. Apakah terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM? A.1.2.C
A
- terdapat media sosialisasi dan laporan sosialisasi terkait pembangunan WBK/WBBM
    3. Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM A.1.3    
      a. Apakah seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana? A.1.3.A
B
- Laporan pelaksanaan pembangunan ZI sudah dilaksanakan tetapi sebagian besar rencana pembangunan ZI yang belum dilaksanakan dapat dicatat dan dibandingkan dokumen rencana pembangunan
      b. Apakah terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas? A.1.3.B
A
- terdapat laporan monev pembanunan Zona Integritas
      c. Apakah hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti? A.1.3.C
A
- laporan hasil sudah ditindaklanjuti dibuktikan dengan foto kantor sebelum dan sesudah direnovasi
    4. Perubahan Pola Pikir dan Budaya Kerja A.1.4    
      a. Apakah pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM? A.1.4.A
YA
- Pimpinan memberikan contoh dengan dan pulang selalu datang tepat waktu dan memimpin apel setiap hari senin dan jumat
      b. Apakah sudah ditetapkan agen perubahan? A.1.4.B
A
- Sudah terdapat SK Agent of Change Kejaksaan Negeri Pasaman
      c. Apakah telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi? A.1.4.C
A
- telah dilaksanakan absensi elektronik sebagai bentuk disiplin kehadiran pegawai Kejaksaan Negeri Pasaman
      d. Apakah anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM? A.1.4.D
B
- Telah dilaksanakan penandatanganan fakta integritas yang diikuti oleh seluruh pegawai Kejaksaan Negeri Pasaman
           
A. 2. PENATAAN TATALAKSANA A.2    
    1. Prosedur operasional tetap (SOP) kegiatan utama A.2.1    
      a. Apakah SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi? A.2.1.A
C
- Telah dibuat SOP sesuai dengan peraturan yang berlaku dan sudah diterapkan
      b. Apakah Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan? A.2.1.B
B
- Tata laksana kantor telah sesuai dengan Standar Operasional Procedur
      c. Apakah Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi? A.2.1.C
B
- Sudah sesuai dengan Procedur yang di terapkan dan telah ditindak lanjuti berupa Perbaikan SOP
    2. E-Office A.2.2    
      a. Apakah sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi? A.2.2.A
B
- Setiap pegawai Kejari Pasaman telah mengisi SKP
      b. Apakah operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi? A.2.2.B
B
- Salah satu pegawai Kejaksaan Negeri Pasaman An. Titi Maharani telah mengerjakan Tupoksinya di dukung dengan teknologi Informasi CMS (Case Management System)
      c. Apakah pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi? A.2.2.C
C
- Akan dibuat layanan siap antar barang bukti (Pasaman Starbuk)
      d. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik? A.2.2.D
A
- Monitoring evaluasi telah dilakukan setiap hari selasa dan kamis pukul 09.00 sampai selesai
    3. Keterbukaan Informasi Publik A.2.3    
      a. Apakah Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan? A.2.3.A
A
- telah dilaksanakan keterbukaan informasi Publik berupa media sosial Facebok, Twiter, Youtube, Instagram dan website Kejaksaan Negeri Pasaman
      b. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik? A.2.3.B
B
- Monitoring Evaluasi telah dilakuakan setiap hari selasa dan kamis Pukul 09.00 sampai selesai
           
A 3. PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM A.3    
    1. Perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi A.3.1    
      a. Apakah kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan? A.3.1.A
YA
- Penugasan Masing masing pegawai sudah sesuai dengan kebutuhan masing masing bidang dan kompetensi individu pegawai
      b. Apakah penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan? A.3.1.B
B
- Telah dikirimkan surat permintaan penambahan pegawai keasisten Bidang pembinaan Kejaksaaan Tinggi Sumatera Barat
      c. Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja? A.3.1.C
A
- Monitoring Evaluasi telah dilakukan hari selasa dan kamis pukul 09.00 sampai dengan selesai
    2. Pola Mutasi Internal A.3.2    
      a. Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, apakah telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan? A.3.2.A
YA
- sudah dilakukan mutasi pegawai dilingkungan Kejaksaan Negeri Pasaman
      b. Apakah dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan? A.3.2.B
A
- Penugasan Masing-masing pegawai sudah sesuai dengan kebutuhan dengan masing masing bidang dan kompetensi individu pegawai
      c. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja? A.3.2.C
YA
- Monitoring Evaluasi telah dilakukan hari selasa dan kamis pukul 09.00 sampai dengan selesai
    3. Pengembangan pegawai berbasis kompetensi A.3.3    
      a. Apakah Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi? A.3.3.A
YA
- Telah dilakukan pengembangan Kompetensi Sebagai bentuk Upaya Pengembangan SDM pada Kejaksaan Negeri Pasaman
      b. Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, apakah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai? A.3.3.B
C
-
      c. Apakah terdapat kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan? A.3.3.C
B
-
      d. Apakah pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya? A.3.3.D
A
- Pegawai Kejaksaan Negeri Pasaman telah memperoleh kesempatan untuk mengikuti diklat sebagai upaya pengembangan Kompetensi
      e. Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, apakah unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (dapat melalui pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, atau melalui coaching, atau mentoring, dll)? A.3.3.E
B
- Sudah Dilakukan in-house Training besama bank BRI terkait standar pelayanan Publik
      f. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja? A.3.3.F
A
- Monitoring Evaluasi telah dilakukan hari selasa dan kamis pukul 09.00 sampai dengan selesai
    4. Penetapan Kinerja Individu A.3.4    
      a. Apakah terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan perjanjian kinerja organisasi? A.3.4.A
A
-Setiap Pegawai Kejari Pasaman Telah Mengisi SKP
      b. Apakah ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya? A.3.4.B
B
-
      c. Apakah Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik? A.3.4.C
A
-
      d. Apakah hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan dll)? A.3.4.D
YA
-
    5. Penegakan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku pegawai A.3.5    
      a. Apakah aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan?
A.3.5.A
B
-
    6. Sistem Informasi Kepegawaian A.3.6    
      a. Apakah data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala? A.3.6.A
A
-Telah dilakukan pemutakhiran data SIMKARI
           
A. 4. PENGUATAN AKUNTABILITAS A.4    
    1. Keterlibatan pimpinan A.4.1    
      a. Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Perencanaan? A.4.1.A
A
-Notulen penyusunan perencanaan telah dibuat atas pengawasan pimpinan
      b. Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Perjanjian Kinerja? A.4.1.B
A
-Notulen penyusunan perencanaan telah dibuat atas pengawasan pimpinan
      c. Apakah pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala? A.4.1.C
A
-Jadwal pemantauan oleh atasan dilakukan setiap hari selasa dan kamis pukul 09:00 sampai dengan selesai
    2. Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja A.4.2    
      a. Apakah dokumen perencanaan sudah ada? A.4.2.A
YA
-dokumen perencanaan telah dibuat
      b. Apakah dokumen perencanaan telah berorientasi hasil?
A.4.2.B
YA
-teliti kualitas dokumen perencanaan, apakah sasaran / IKU berorientasi hasil
      c. Apakah terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU)? A.4.2.C
YA
-hanya terdapat IKU
      d. Apakah indikator kinerja telah SMART? A.4.2.D
B
-teliti kualitas IKU apakah relevan, cukup dan dapat diukur secara objektif dalam mengukur sasaran atau IKU
      e. Apakah laporan kinerja telah disusun tepat waktu? A.4.2.E
YA
-laporan telah dibuat tapat waktu
      f. Apakah pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja? A.4.2.F
A
-laporan kinerja yang dibuat telah sesuai dengan fakta pekerjaan masing-masing bidang
      g. Apakah terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja? A.4.2.G
YA
-sudah dilakukan in-house training bersama bank BRI terkait standar pelayanan publik
      h. Apakah pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh SDM yang kompeten? A.4.2.H
A
-pengelolaan akuntabilitas kinerja telah dilaksanakan oleh SDM yang berkompeten
           
A. 5. PENGUATAN PENGAWASAN A.5    
    1. Pengendalian Gratifikasi A.5.1    
      a. Apakah telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi? A.5.1.A
A
-telah dicetak Banner Public Campaign tentang pengendalian gratifikasi
      b. Apakah pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan? A.5.1.B
A
-telah dibuat ruangan UPG (Unit Pengaduan Gratifikasi) di Kejari Pasaman
    2. Penerapan SPIP A.5.2    
      a. Apakah telah dibangun lingkungan pengendalian? A.5.2.A
B
-dapatkan upaya pengendalian (impromisasi)
      b. Apakah telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan? A.5.2.B
B
-dapatkan peta resiko, kalo tidak ada wawancara kepada pihak terkait bandingkan dengan SOP
      c. Apakah telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi? A.5.2.C
B
-terdapat kegiatan yang meminimalisir resiko, dan dibandingkan dengan resiko yang akan terjadi
      d. Apakah SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait? A.5.2.D
A
-melalui media informasi dan cek cakupan audience serta lakukan sample kepada satu dua pegawai apakah mengetahui adanya SPI
    3. Pengaduan Masyarakat A.5.3    
      a. Apakah kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan? A.5.3.A
A
-sudah dilaksanakan dan telah menerima pengaduan masyarakat
      b. Penanganan Pengaduan Masyarakat A.5.3.B    
        1. Jumlah pengaduan masyarakat yang harus ditindaklanjuti A.5.3.B.1   0
        2. Jumlah pengaduan masyarakat yang sedang diproses A.5.3.B.2   0
        3. Jumlah pengaduan masyarakat yang selesai ditindaklanjuti A.5.3.B.3   0
      c. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat? A.5.3.C
A
-apabila ada pengaduan maka akan dilaksanakan monitorng dan evaluasi laporan pengaduan masyarakat
      d. Apakah hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti? A.5.3.D
A
-apabila ada pengaduan maka akan ditindaklanjuti dengan telaahan laporan pengaduan masyarakat
    4. Whistle-Blowing System A.5.4    
      a. Apakah Whistle Blowing System sudah di internalisasi? A.5.4.A
YA
-telah dibuat SK WBS
      b. Apakah Whistle Blowing System telah diterapkan? A.5.4.B
B
-telah diterapkan Whistle Blowing System
      c. Apakah telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System? A.5.4.C
A
-monitoring dan evaluasi telah dilakukan setiap hari selasa dan kamis pukul 09:00
      d. Apakah hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti? A.5.4.D
A
-apabila terdapat pengaduan dan pelaporan masyarakat maka pelapor akan mendapatkan perlindungan
    5. Penanganan Benturan Kepentingan A.5.5    
      a. Apakah telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama? A.5.5.A
A
-telah dibuat SK kebijakan benturan kepentingan
      b. Apakah penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi? A.5.5.B
A
- apabila terdapat kebijakan benturan kepentingan telah disosialisasikan ke setiap bidang
      c. Apakah penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan? A.5.5.C
C
-
      d. Apakah telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan? A.5.5.D
A
-apabila ada penanganan benturan kepentingan akan dilakukan monitoring evaluasi setiap hari selasa dan kamis pukul 09:00 sampai selesai
      e. Apakah hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti? A.5.5.E
A
-
           
A. 6. PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK A.6    
    1. Standar Pelayanan A.6.1    
      a. Apakah terdapat kebijakan standar pelayanan? A.6.1.A
A
-telah dibuat sesuai standar pelayanan
      b. Apakah standar pelayanan telah dimaklumatkan? A.6.1.B
A
-maklumat pelayanan telah dibuat
      c. Apakah terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan? A.6.1.C
A
-SOP pelayanan telah dibuat
      d. Apakah telah dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP? A.6.1.D
A
-monitoring evaluasi telah dilakukan setiap hari selasa dan kamis pukul 09:00 sampai selesai
    2. Budaya Pelayanan Prima A.6.2    
      a. Apakah telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima? A.6.2.A
A
-sudah dilakukan In-House training bersama Bank BRI terkait standar pelayanan publik
      b. Apakah informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media? A.6.2.B
A
-telah dilaksanakan keterbukaan informasi publik berupa media social facebook, twitter, instagram, youtube, website Kejaksaan Negeri Pasaman
      c. Apakah telah terdapat sistem punishment(sanksi)/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar?
A.6.2.C
A
-telah dilaksanakan sistem reward dan punishment
      d. Apakah telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi? A.6.2.D
A
-telah dibuat sarana pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) dikejaksaan Negeri Pasaman
      e. Apakah terdapat inovasi pelayanan? A.6.2.E
A
-telah terdapat inovasi pelayanan
    3. Penilaian kepuasan terhadap pelayanan A.6.3    
      a. Apakah telah dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan? A.6.3.A
A
-telah tersedia kotak survey kepuasan masyarakat
      b. Apakah hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka? A.6.3.B
A
-kotak survey kepuasan masyarakat ditempatkan dilokasi yang mudah dilakses masyarakat
      c. Apakah dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat? A.6.3.C
A
-hasil survey kepuasan masyarakat sudah ditindaklanjuti setiap hari selasa dan kamis pukul 09:00 sampai selesai
     
     
B. 2. KOMPONEN HASIL (ZI) B    
  1. PEMERINTAH YANG BERSIH DAN BEBAS KKN B.1    
    A. NILAI SURVEY PERSEPSI KORUPSI (SURVEY EKSTERNAL) B.1.A   LAKUKAN SURVEI INDEPENDEN
    B. PERSENTASE TINDAK LANJUT HASIL PEMERIKSAAN (TLHP INTERNAL DAN EKSTERNAL) B.1.B   LAPORAN SATKER ATAS TEMUAN PENGAWASAN (TINDAK LANJUT ATAS TEMUAN) - PROSENTASE JUMLAH TEMUAN DIBAGI TINDAK LANJUT DIKALI 100%
             
  2. KUALITAS PELAYANAN PUBLIK B.2    
    A. NILAI PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN (SURVEY EKSTERNAL) B.2.A   LAKUKAN SURVEI INDEPENDEN
             
      NILAI TOTAL  
 
 
 
 
Neo LKE Online Sinori Versi 2.0 Juli 2021
Created by Chendia Studio untuk Bagian Reformasi Birokrasi Kejaksaan Agung RI
Menara Kartika Adhyaksa Lantai 7. Biro Perencanaan, Jl. Panglima Polim, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan